Panel AMF ATS Sebagai Panel Otomatis Pada Genset

Di dalam genset terdapat beberapa panel yang berfungsi dalam pengoperasian genset. Cara kerja panel dalam genset membantu  menstabilkan penggunaan genset. Terdapat dua kategori  jenis panel dalam genset yaitu panel manual dan otomatis. Dari dua kategori tersebut dibagi menjadi panel AMF ATS terbaik, panel sinkronisasi serta panel PKG. Keempat panel tersebut memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda. Berikut merupakan uraian dari keempat panel tersebut :

  1. Panel AMF merupakan panel yang bekerja secara otomatis untuk menghidupkan atau mematikan genset tanpa ada campur tangan manusia. Cara kerja panel ini yaitu saat listrik padam maka panel ini akan secara otomatis menghidupkan genset dan ketika listrik sudah menyala maka secara otomatis juga genset akan mati.
  2. Panel ATS adalah panel yang memiliki fungsi sebagai saklar otomatis yang digunakan saat terjadi pemadaman listrik. Penggunaan panel ini adalah ketika terjadi pemadaman listrik maka panel akan otomatis bekerja memberikan sumber energi listrik, yaitu genset. Sama seperti panel AMF ketika listrik sudah menyala maka genset akan mati dan sumber energi litrik akan kembali pada sumber energi listrik PLN.
  3. Panel sinkronisasi merupakan panel yang berfungsi menstabilkan dua genset atau lebih. Panel ini digunakan jika beban pemakaian besar dan digunakan secara terus-menerus. Jika tidak menggunakan panel sinkronisasi, saat kita memerlukan genset untuk beban besar dan digunakan dalam pemakaian yang lama maka membutuhkan biaya besar, tetapi jika kita menggunakan dua genset dengan panel ini maka akan lebih hemat dan efisien.
  4. Panel PKG merupakan panel yang dipisahkan dari unit generatornya. Fungsi dari panel ini yaitu menjalankan mesin genset serta dilengkapi dengan perlindungan dan pemantauan yang baik. Dalam panel ini juga ada yang dilengkapi panel AMF walaupun belum semuanya.

 

Dari penjelasan keempat panel tersebut panel AMF, ATS memiliki kemiripan dibanding panel lainnya. Panel AMF,ATS bekerja secara otomatis sedangkan panel sinkronisasi dan panel PKG merupakan panel manual. Namun keempat panel tersebut sama-sama diperlukan genset sehingga pengoperasian genset dapat berfungsi secara optimal serta efisien.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *